Apa itu Akuntansi? [Akuntansi Pengantar]






Apa itu Akuntansi?


Ada berbagai macam definisi mengenai Akuntansi menurut para ahli dan sumber namun ada tiga hal esensial yang mendasari pemahaman kita yakni Akuntansi terdiri dari tiga aktivitas utama yaitu identifikasi, pencatatan (record), dan komunikasi kejadian ekonomi (economic event) dari suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan (interested user).

a.      Identifikasi
Kegiatan yang diidentifikasi hanya yang bersifat ekonomi seperti penjualan barang, penggajian karyawan, dan pembelian saham. Cengkrama dengan bos, mentraktir karyawan, dll bukan merupakan kegiatan ekonomi sehingga tidak termasuk dalam ranah akuntansi.

b.      Pencatatan
Setelah mengidentifikasi suatu kegiatan ekonomi, maka kegiatan tersebut harus dicatat secara nominal ke dalam suatu catatan. Seperti sebuah diary, catatan akuntansi harus bersifat sistematis, dan kronologis. Catatan ini biasa disebut sebagai jurnal dan kegiatan mencatat kegiatan ekonomi kedalam suatu laporan akuntansi disebut penjurnalan.

c.       Komunikasi
Tahapan akhir dari aktivitas akuntansi adalah mengkomunikasikan hasil catatan kita kepada pihak baik di dalam maupun di luar organisasi yang memiliki kepentingan. Pihak yang memiliki kepentingan di dalam (internal users) biasa kita sebut sebagai manajemen sedangkan diluar (eksternal users) kita sebut sebagai pemilik modal atau pemegang saham. Berlawanan sifat dengan diary yang kita simpan untuk kita lihat sendiri, laporan akuntansi justru dibuat supaya dapat ditunjukkan kepada pihak luar. Laporan ini biasa disebut sebagai laporan keuangan (financial statement)

Proses penting dalam komunikasi laporan keuangan adalah analisis dan interpretasi dari informasi tersebut. Oleh karena itu, dibuatlah suatu standar pelaporan agar pihak yang membaca tidak bingung seperti GAAP, IFRS, dan PSAK.



 


Q#1. Apakah Tata Buku (Book Keeping) sama dengan 

Akuntansi?


Jelas tidak sama. Tata buku biasanya hanya melibatkan pencatatan sedangkan Akuntansi memiliki 3 inti aktivitas seperti yang dijelaskan di atas.



Tambahan #1

Definisi Akuntansi dari 2 Perspektif


Menurut Suwardjono (2013), akuntansi dapat terdefinisikan dari dua sudut pandang berbeda yaitu sebagai seperangkat pengetahuan (body of knowledge) dan fungsi (function). Jangan langsung bingung dengan dua definisi ini karena sangat mudah untuk dipisahkan.

1.      Body of Knowledge
Lebih melihat akuntansi sebagai seperangkat pengetahuan karena wilayah materi dan kegiatan cukup luas. Intinya akuntansi adalah seperangkat pengetahuan yang mempelajari perekayasaan akuntansi (accounting engineering).

2.      Function
Lebih melihat akuntansi sebagai proses menghasilkan informasi yang relevan bagi pihak yang berkepentingan dengan cara tertentu.
Dua kata kunci penting yaitu perekayasaan (engineering) dan cara tertentu (in a certain manner) menunjukkan bahwa akuntansi akan mempunyai peran yang nyata jika informasi yang dihasilkan akuntansi dapat mengendalikan perilaku pengambilan keputusan ekonomi untuk suatu tujuan ekonomi tertentu. 

0 komentar:

Popular Posts

Powered by Blogger.