Assets [Definisi]



Assets


Q1: Apa itu Aset (ing: Assets)?

Secara mudah pengertian Aset dapat dikatakan sebagai sumberdaya ekonomi baik terlihat (tangible) maupun tidak terlihat (intangible). Namun ini berlanjut ke pertanyaan berikutnya yakni sumber daya seperti apa yang bisa disebut sebagai aset? Sumber daya yang dapat dikatakan (bahasa keren akuntansinya “diakui”) memiliki manfaat ekonomi di masa datang.
*Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah suatu barang tersebut adalah aset? Baca ilustrasi singkat disini (Ilustrasi Donat Dono).
Definisi menurut FASB

Dalam kerangka konseptualnya (SFAC No.6, paragraph 25), definisi Aset adalah

“Assets are probable future economic benefits obtained or controlled by a particular entity as a result of past transactions or events”

Terjemahan
“Aset adalah manfaat ekonomik masa datang yang cukup pasti yang diperoleh atau dikuasai/dikendalikan oleh suatu entitas sebagai akibat transaksi atau kejadian masa lalu) (Suwardjono, 2008)
Definisi menurut IAI
Dengan makna yang sama, Aset didefinisikan sebagai “sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan darimana manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan diperoleh perusahaan”.
Jadi Aset adalah?
Sama halnya dengan berbagai macam definisi istilah di muka bumi ini akan selalu memiliki banyak versi. Namun kita dapat menarik kesimpulan bahwa dalam Aset harus memiliki 3 komponen penting yakni:
1.      Aset harus memiliki manfaat ekonomi di masa depan
2.      Dikuasai/dikendalikan oleh entitas
3.      Terjadi akibat transaksi atau kejadian di masa lalu
Ketiga syarat ini harus dimiliki oleh suatu objek yang ingin kita sebut sebagai aset. Jadi bila ingin menyusun kalimat sendiri mengenai definisi aset, silahkan saja asalkan memenuhi 3 komponen yang disebutkan di atas. 

0 komentar:

Popular Posts

Powered by Blogger.