Perkembangan Akuntansi di Dunia

Beruntunglah kita sebagai manusia yang hidup di jaman modern ini, telah tersedia ilmu akuntansi yang sedemikian rupa yang dapat kita baca, pelajari, dan pastinya dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sangat tidak afdol tentunya jika kita tidak menelusuri dan mengerti asal muasal ilmu akuntansi hingga menjadi suatu ilmu yang dipelajari banyak orang sekarang.

Sama halnya dengan ilmu yang lain, tentunya akuntansi berkembang sejalan dengan perkembangan jaman, teknologi, ekonomi serta peradaban manusia. Mungkin kebanyakan dari kita beranggapan bahwa akuntansi muncul dikala hidup manusia sudah memasuki era modern. “Ya mungkin di tahun 80an lah, tahun 90an lah, mungkin sewaktu revolusi industri.” 

Salah besar kawan, Sistem perhitungan akuntansi ternyata sudah ditemukan 7000 tahun lalu di Mesopotamia. Temuan para sejarahwan berupa catatan-catatan kuno menunjukkan adanya pencatatan pemasukan, pengeluaran, dan aliran barang yang diperdagangkan di kala itu. Catatan akuntansi awal lainnya juga ditemukan di reruntuhan Babilonia kuno, Asyur, dan Sumeria. Orang-orang saat itu mengandalkan metode akuntansi primitif untuk mencatat perdagangan hewan ternak. 

Gambar 1.1 Sejarah Perkembangan Akuntansi



 Ekspansi Akuntansi di Jaman Sebelum Masehi

Pada abad ke 4 sebelum masehi dan ke 3 sebelum masehi, para pemimpin yang berkuasa dan imam di Iran kuno memperkerjakan orang-orang di bidang keuangan. Hal itu terbukti dari situs arkeologi di Iran, yaitu di Godin tepe dan Tepe Yahya, telah ditemukan bukti adanya pencatatan transaksi keuangan di era itu. Dalam temuan di Godin Tepe, ditemukan skrip berisi table dengan angka, sedangkan pada Tepe Yahya, ditemukan skrip berisi representasi grafis. 
Sedangkan pada era itu, orang Mesir kuno dan Babilonia memiliki sistem audit untuk memeriksa aliran barang keluar masuk gudang, sehingga di kala itu telah dikenal laporan “lisan” audit, sehingga kata audit yang kita kenal selama ini sebenarnya berasal dari Bahasa latin audire yang berarti artinya mendengar.
Pada abad ke 2 sebelum masehi, di Mesir dan Babilonia, akuntansi juga sudah mulai digunakan walaupun masih dalam bentuk yang sederhana dikarenakan untuk kepentingan perpajakan.
Q1. Bagaimana  perkembangan akuntansi di dunia modern

Periode  renaissance di Italia pada abad ke 14 hingga 16 setelah masehi memperlihatkan perkembangan penting dalam akuntansi. Pada kala itu, numerik Arab sudah mulai digunakan untuk mencatat transaksi bisnis di era kekuasaan Romawi.
Pada abad 17, ekpansi besar-besaran oleh kaum kolonial berupa investasi di berbagai negara jajahan yang dimasuki menciptakan kebutuhan berupa pelaporan keuangan berisi posisi keuangan dan  reward yang merupakan hak untuk pemegang saham.
Pada abad 18, selama revolusi industri, disinilah awal mulanya tercipta akuntansi biaya, dimana hal tersebut tercipta untuk menelusuri biaya yang terjadi dalam produksi skala besar dalam perusahaan manufaktur di kala itu. 
Pada abad 19, Evolusi awal akuntansi didominasi oleh kemajuan dalam praktek pembukuan. Di abad yang terjadi setelah revolusi industri ini terlihat kemajuan besar dari perspektif akuntansi itu sendiri dari yang sebelumnya akuntansi merupakan "metode sistematis merekam pertukaran/ transaksi keuangan” menjadi sarana “memberikan manajemen kontrol yang efektif akan urusan yang terkait dengan bisnis.”

Perkembangan Akuntansi di Indonesia lihat -> Q2. Sejak kapan akuntansi masuk di Indonesia?



 

0 komentar:

Popular Posts

Powered by Blogger.