Akuntansi Atau Mati: Pentingnya Akuntansi bagi Sektor Usaha UKM


Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau Perusahaan Kecil merupakan salah satu penunjang roda perekonomian negara yang sangat vital keberadaannya. Sektor ini mempunyai peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, sektor ini juga berperan besar dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.
Akuntansi yang juga merupakan bahasa bisnis tentunya mempunyai fungsi yang signifikan dalam kemajuan suatu usaha, baik usaha kecil, menengah, maupun usaha besar. Namun sangat disayangkan karena selama ini masih banyak usaha kecil dan menengah (UKM) yang belum memahami arti penting akuntansi padahal hal tersebut sangat besar manfaatnya bagi perkembangan usaha. Struktur industri di Indonesia menunjukkan jumlah perusahaan kecil, menengah dan koperasi justru lebih banyak di bandingkan dengan perusahaan besar. Tetapi, pada saat ini banyak UKM yang mengalami kesulitan untuk memperoleh kredit dan pendanaan modal, akibat tidak jelasnya sistem akuntansi sehingga pelaporan keuangan yang mereka susun dapat dibilang masih belum bermutu. Mereka terlalu berfokus untuk mengembangkan bisnisnya, bagaimana memproduksi barang yang diterima masyarakat,  dan masih banyak tujuan lain yang mereka kerjakan namun mereka melupakan satu hal yang kritikal yaitu akuntansi.
Penulis berpendapat bahwa kekurangan tersebut bisa diatasi oleh pemerintah untuk menekankan perusahaan untuk melakukan CSR terkait akuntansi yaitu membagi ilmu, memberikan pelatihan, serta membagi pengalaman mengenai bagaimana seharusnya akuntansi berperan dalam suatu bisnis perusahaan bagi pelaku UKM karena selama ini banyak perusahaan besar yang memberikan pendanaan modal dan pendampingan bisnis untuk UKM tanpa disertai pembekalan akuntansi yang memadai. Pihak IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) sebagai organisasi profesi akuntan di Indonesia juga dapat memberikan event-event sosial seperti pelatihan dan pendampingan proses akuntansi untuk UKM, serta juga dapat membuat publikasi (secara offline maupun online) mengenai ilmu akuntansi untuk industri UKM. Penulis berharap dengan adanya kesadaran dari industri UKM akan pentingnya akuntansi serta dukungan dari pemerintah dan organisasi terkait khususnya IAI maka secara jangka panjang fondasi ekonomi negara kita akan semakin kokoh dan lebih kuat dalam menghadapi ancaman krisis ekonomi.
Kekuatan lahir dari kepercayaan, tanpa kepercayaan yang berasal dari pelaporan akuntansi yang bermutu dan memadai mustahil negara kita menjadi negara yang kuat. (GRIN)

0 komentar:

Popular Posts

Powered by Blogger.